iklim dibagi menjadi berapa

iklim dibagi menjadi berapa

JAWABAN

Terdapat beberapa klasifikasi iklim yang digunakan secara umum, yaitu iklim matahari, iklim Koppen, iklim Jughuhn, iklim Schmidt – Ferguson, dan iklim Oldeman. Masing-masing dari iklim tersebut memiliki dasar yang berbeda untuk pembagian tipe iklimnya.
– Iklim matahari membagi empat tipe iklim yang didasarkan pada panas matahari yang diterima bumi, yaitu tropis, subtropis, sedang, dan dingin.
– Iklim Koppen membagi lima tipe iklim yang didasarkan pada rata-rata curah hujan dan temperatur, yaitu iklim A (tropis), iklim B (kering), iklim C (sedang), iklim D (dingin), dan iklim E (kutub).
– Iklim Jughuhn membagi empat tipe iklim yang didasarkan pada ketinggian dan vegetasi di kawasan tertentu, yaitu panas, sedang, sejuk, dan dingin.
– Iklim Schmidt – Ferguson membagi delapan tipe iklim yang didasarkan pada curah hujan, yaitu tipe A (sangat basah), tipe B (basah), tipe C (agak basah), tipe D (sedang), tipe E (agak kering), tipe F (kering), tipe G (sangat kering), dan tipe H (luar biasa kering).
– Iklim Oldeman membagi lima tipe iklim yang didasarkan pada kriteria lama terjadinya bulan basah dan bulan kering untuk keperluan pertanian, yaitu iklim A (bulan basah secara berturut-turut lebih dari 9 bulan), iklim B (bulan basah secara berturut- turut antara 7 – 9 bulan), iklim C (bulan basah secara berturut- turut antara 5 – 6 bulan), iklim D (bulan basah secara berturut- turut antara 3 – 4 bulan), dan iklim E (bulan basah secara berturut- turut kurang dari 3 bulan).

Jadi, iklim dibagi menjadi lima pengklasifikasian, yaitu iklim matahari, iklim Koppen, iklim Jughuhn, iklim Schmidt – Ferguson, dan iklim Oldeman yang memiliki kriteria dan tipe iklim yang berbeda.

Semoga membantu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published.