8 tips memilih kosmetik untuk jenis kulit Anda

Kosmetik yang cocok untuk semua jenis kulit penting tidak hanya untuk tampilan yang segar dan alami, tetapi juga untuk mencegah reaksi alergi terhadap kosmetik seperti kemerahan, gatal dan menangis, komedo putih atau hitam, dan ruam kulit yang menyakitkan. Kulit setiap orang itu unik, dan area wajah seseorang yang berbeda mungkin memiliki karakteristik yang berbeda untuk dipertimbangkan saat memilih produk kosmetik yang tepat.

Jika Anda kecewa sebelum makan siang karena eyeshadow bubuk Anda kusut dan licin, atau alas bedak Anda berminyak dan menggumpal, lebih baik pahami karakteristik kulit Anda dan beli kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda terlihat terbaik.

menghindari kosmetik yang mengeringkan atau mengiritasi kulit

Jenis kulit yang berbeda bereaksi berbeda terhadap berbagai jenis kosmetik. Meskipun cocok untuk merek eyeshadow tertentu, mungkin tidak cocok untuk merek lipstik yang sama. Ini karena jenis kulit kelopak mata bisa sangat berbeda dengan jenis kulit bibir. Misalnya saat memilih produk kosmetik seperti alas bedak, ada baiknya menjauhi kosmetik yang menyebabkan kekeringan atau masalah pada kulit.

Sayangnya, Anda mungkin perlu mencoba beberapa produk untuk menentukan mana yang bekerja secara konsisten untuk kulit Anda. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kulit Anda mungkin bereaksi terhadap produk kosmetik tertentu yang sebelumnya tidak menyebabkan iritasi kulit, jadi Anda mungkin perlu mencari alternatif merek yang terbukti berhasil di masa lalu. Karakteristik kulit juga dapat berubah secara signifikan sepanjang hidup, jadi sebaiknya ubah jenis kosmetik yang Anda pilih.

Pertimbangkan warna kulit saat memilih kosmetik

Sekalipun jenis produk kosmetik tertentu cocok untuk jenis kulit Anda, pemilihan warna yang salah, pemilihan warna yang sangat terang atau sangat gelap akan membuat produk kosmetik Anda terlihat tidak menarik. Jika Anda memilih kosmetik yang melengkapi dan mencocokkan warna kulit Anda, ketidaksempurnaan kecil pada warna dan tekstur kulit akan hilang. Alas bedak yang lebih gelap, warna yang lebih dalam pada perona mata dan eyeliner paling cocok untuk warna kulit cokelat atau zaitun. Sebaliknya, jika Anda memiliki kulit pucat, sebaiknya pilih alas bedak ringan dan riasan mata. Kosmetik harus memperbaiki warna kulit dan tidak pernah menekannya.

Investasikan dalam riasan berkualitas

Riasan mewah sering merusak dompet Anda, tetapi terlihat di kulit Anda. Riasan murah bisa menempel atau meluncur di kulit dan tidak akan menyatu dengan baik. Mereka lebih cenderung duduk di permukaan sambil memberikan tampilan plastik. Temukan kosmetik berkualitas yang belum tentu mahal. Sebaiknya investasikan diri Anda dengan membeli produk riasan berkualitas tinggi yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

kulit kering

Jika Anda adalah korban dari kulit kering, jangan putus asa. Anda harus mencari alas bedak jenis busa atau krim. Jika menggunakan concealer pastikan berbahan dasar krim dan bedak padat adalah bedak padat padat. Formula dengan kekuatan longgar atau bebas minyak harus dihindari karena cenderung membentuk garis-garis halus pada wajah. Untuk riasan mata, sebaiknya gunakan eyeshadows bedak atau krim dengan tekstur halus, dan disarankan menggunakan pensil shimmery atau eyeliner matte. Kelembaban adalah kata kunci untuk lipstik dan lipgloss. Carilah lipstik yang melembapkan dan gunakan lip gloss dengan bahan-bahan seperti lidah buaya atau vitamin E. Kedua bahan tersebut menambah kelembapan pada bibir.

kulit sensitif

Carilah produk yang berlabel khusus untuk kulit sensitif dan hindari penggunaan wewangian dalam kosmetik Anda. Non-alergi adalah frasa lain yang harus dicari pada label. Kuncinya adalah menghindari apapun yang memiliki kadar pewarna tinggi atau mengandung bahan pengawet.

kulit kombinasi

Anda bisa memilih produk yang berbeda sesuai dengan kondisi kulit wajah Anda, atau Anda bisa memilih produk yang diformulasikan khusus untuk kulit kombinasi. Bahkan yang disebut kulit normal seringkali memiliki area yang lebih atau kurang berminyak dibanding yang lain. Kulit normal mungkin lebih berminyak dari biasanya selama siklus menstruasi.

kulit berminyak

Untuk kulit berminyak, cobalah primer bebas minyak sebelum mengaplikasikan alas bedak matte yang tidak akan menyumbat pori-pori. Bedak tabur kurang berminyak dibandingkan bedak padat. Usap kulit Anda secara berkala sepanjang hari untuk menghilangkan kilap. Hindari eye shadow, maskara, dan pensil bibir berwarna krem.

pilihan yang lebih bersih

Hindari pembersih yang keras atau kering dan pembersih berminyak karena bereaksi negatif terhadap jenis kulit Anda. Apapun jenis kulit Anda, pembersih kulit terbaik adalah pembersih larut air yang lembut di kulit Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *