image by freepik.com

Cara Paling Efektif Memerangi Jerawat

Cara paling efektif untuk memerangi jerawat termasuk kombinasi pencegahan dan perawatan kulit yang lebih hati-hati.

Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mencegah dan mengobati jerawat:

  1. Latihan.

Olahraga teratur dapat membantu melawan jerawat dengan memerangi tingkat stres negatif yang dapat diakibatkan oleh harga diri dan depresi yang negatif. Namun, hindari pakaian olahraga Lycra dan nilon yang ketat. Serat sintetis ini, yang cenderung memerangkap kelembapan dan panas tubuh, menciptakan lingkungan yang ideal bagi bakteri untuk tumbuh. Tetap gunakan pakaian katun longgar atau campuran alami untuk menjaga produk atletik dan atletik Anda tetap bersih.

  1. Kosmetik yang aman.

Gunakan produk berlabel “non-acne-prone” atau “oil-free” untuk menghindari penyumbatan pori-pori dan iritasi kulit yang dapat menyebabkan jerawat. Pilih parfum dan kosmetik hypoallergenic untuk menghindari reaksi alergi dan iritasi kulit. Turunan batubara, carmine, dan krim perona pipi dapat menyebabkan reaksi.

Kulit yang berkilau mungkin mengandung mineral bersisik yang disebut mika, yang dapat mengiritasi kulit dan menyumbat pori-pori. Gunakan lip gloss matte untuk mengurangi pori-pori tersumbat. Semakin cerah, semakin tinggi kandungan jerawat penyebab jerawat, dan semakin besar kemungkinan pori-pori tersumbat.

  1. Makan sehat.

Penelitian telah menunjukkan bahwa diet tidak mempengaruhi penyebab atau pengobatan jerawat. Tapi apa yang terbaik untuk tubuh Anda bekerja terbaik untuk kulit Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan cukup vitamin, mineral, dan suplemen nutrisi yang dikenal dan direkomendasikan untuk mencegah dan mengatasi jerawat. Ini termasuk:

* Vitamin A atau retinol (dosis tinggi bersifat racun)

* Kompleks vitamin B

*Vitamin C

*Vitamin E

* L-karnitin

* seng

Multivitamin bermerek yang baik mungkin mengandung vitamin dan mineral yang direkomendasikan untuk membantu mencegah timbulnya jerawat. Minum banyak air sepanjang hari dan pilih makanan yang sehat.

  1. Terapi hormon.

Kemudian hormon (atau kekurangan hormon) dapat berperan dalam kekambuhan dan pencegahan jerawat, terutama pada wanita. Menurut sebuah penelitian baru-baru ini, sekitar 50% wanita memiliki masalah jerawat, yang disebut pruritus hormonal, pada minggu sebelum menstruasi.

Pilihan pengobatan termasuk retinoid topikal, antibiotik oral, dan benzoil peroksida selama 10 tahun. Untuk orang dewasa, kontrasepsi oral atau hormonal dan terapi penggantian hormon (HRT) dapat membantu wanita bila dikombinasikan dengan perawatan sistemik atau topikal, resep atau makanan atau obat yang dijual bebas.

  1. Resep untuk kulit yang sehat

Hindari menggosok berat dan menggosok berlebihan. Ini dapat mengiritasi kulit atau melepaskan minyak berlebih, menggantikan pori-pori yang terkelupas dan menyumbat. Gunakan produk yang rendah bahan pengelupasan dan jangan gunakan produk yang mengandung alkohol.

  1. Obat untuk jerawat.

Beberapa produk yang lebih populer di pasaran yang dapat mencegah timbulnya jerawat antara lain:

* Benzoil peroksida

* Solusi Proactiv

* Asam salisilat

* Retinoid

* Antibiotik

* Kontrasepsi oral

* Antiandrogen

* Isotretinoin (Akutan)

  1. Mencukur

Faktanya, mencukur adalah cara yang bagus untuk mengangkat atau mengangkat sel kulit mati untuk mencegah dan menyebarkan jerawat, daripada menyumbat pori-pori Anda dengan kotoran. Dan untuk beberapa bentuk jerawat ringan yang sudah berkembang, mencukur dapat membantu menghilangkan jerawat di wajah Anda. Jangan mencukur area yang sakit atau infeksi. Jika Anda memiliki kulit sensitif, gunakan krim cukur.

Mencukur dengan pisau yang tajam. Gunakan gerakan lembut alih-alih tekanan kuat untuk mengikuti aliran atau “partikel”. Pisau satu sisi lebih unggul dari pisau cukur bermata dua. Pisau cukur listrik tidak dapat mencukur kulit di dekat kulit, tetapi dapat membantu mencegah jerawat dan kulit berjerawat serta kambuh.

  1. Stres.

Stres meliputi stresor eksternal dan internal. Stresor eksternal seperti riasan berminyak dan terlalu banyak sinar matahari merusak kemampuan kulit untuk sembuh. Stresor internal seperti kecemasan, ketakutan, harga diri rendah, depresi, dan berbagai emosi yang terinternalisasi lainnya dapat memicu reaksi kimia dalam tubuh, menyebabkan munculnya kembali jerawat dan iritasi kulit lainnya.

Dapatkan lebih banyak istirahat dan tidur untuk memerangi stres internal dan mencegah masalah jerawat. Cobalah untuk mempertahankan waktu normal. Buat daftar periksa “Hal-Hal yang Menenangkan Anda” jika stres, seperti membaca buku, bersantai, mendengarkan musik, berjalan, atau membeli es krim.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *